Beranda Agenda Sensasi Kuliner Kreco yang Bikin Nagihi

Sensasi Kuliner Kreco yang Bikin Nagihi

6
0

FOTO : Ilustrasi Kreco yang disajikan menjadi sate.(dok)

 

KEDIRI|Kreco adalah makanan unik yang hanya akan anda temui saat berkunjung ke Kediri. Makanan khas Kediri ini menjadi makanan yang wajib dicoba saat berkunjung ke kota Kediri tentunya. Mungkin banyak dari kalian juga bingung makanan seperti apakah kreco ini.

Informasi yang dikutip dari beberapa sumber menyebutkan, Kreco merupakan salah satu makanan yang berbahan dasar dari keong sawah. Makanan ini merupakan salah satu makanan tradisional khas Kediri. Kreco ini di olah dengan cara direbus dengan kuah racikan rempah dan juga parutan kelapa untuk menambah rasa gurih.

Kreco ini adalah kuliner yang bisa kalian nikmati langsung tanpa menggunakan nasi atau makanan pendamping lainnya. Cara menyajikan kreco ini yaitu kreco dengan ditambah kuah rebusan dengan rempah.

Cara memakannya pun juga cukup unik yaitu dengan cara daging keong dicungkil menggunakan tusukan gigi untuk mengeluarkan daging dari cangkangnya. Jangan lupa perhatikan saat mencungkil dagingnya, pastikan kotoran keong yang berwarna hitam tidak ikut termakan karena akan sangat pahit.

Tidak hanya diolah dengan rebusan kuah rempah saja tetapi biasanya kreco ini diolah dengan cara dijadikan sate. Jadi, daging keong yang sudah terpisah dari cangkangnya ditusuk seperti sate lalu di bakar sebentar dan disajikan dengan bumbu kacang.

Banyak masyarakat Kediri yang menyukai kuliner kreco ini. Kreco ini juga bisa dinikmati oleh semua kalangan dari orang dewasa bahkan hingga anak-anak menyukai makanan ini. Peminat kreco ini juga cukup banyak sekali.

Kuliner kreco ini cukup mudah ditemui di Kediri, biasanya para penjual menjual kreco dengan cara berkeliling tetapi juga ada penjual yang mangkal disuatu tempat. Salah satu tempat mangkal penjual kreco ini berada dipinggir jalan raya arah Monumen Simpang Lima Gumul.

Lokasi lebih tepatnya yaitu berada di depan Bulog di Jalan Raya Kediri Pare, diwilayah Desa Paron, Kabupaten Kediri. Para penjual kreco ini berjualan di sepanjang jalan sebelah barat jalan dengan ciri khas gerobak warna-warni.

Kreco ini memiliki harga yang cukup murah yaitu Rp. 5000 rupiah tiap satu plastik berukuran setengah kilogram. Untuk sate kreco dibandrol dengan harga Rp. 1000 rupiah pertusuknya. Para penjual kreco biasanya berjualan dari pagi hari hingga menjelang malam hari.

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Kediri wajib untuk mencoba kuliner unik yang satu ini. Selain tidak dapat ditemui dimanapun, namun juga makanan ini tentu memiliki rasa yang cukup enak dan bikin nagihi. (red)