Beranda Berita Pj Wali Kota Kediri Zanariah Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu Tahun...

Pj Wali Kota Kediri Zanariah Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu Tahun 2024

3
0

Kharismafm.com – Pj Wali Kota Kediri Zanariah pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu Serentak tahun 2024 di GOR Jayabaya Kota Kediri, Senin (5/2). Apel ini diikuti oleh 2.042 Satlinmas Kota Kediri yang akan melakukan pengamanan di TPS, PPS, maupun PPK.

“Hari ini pasukan Satlinmas Kota Kediri dikumpulkan dalam rangka Apel Siaga dan Simulasi Pengamanan Pemilu Serentak Tahun 2024. Pemilu menjadi proses penting dalam demokrasi, untuk mensukseskan hal itu perlunya peran satlinmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban saat proses pemungutan maupun perhitungan suara,” terang Pj Wali Kota Kediri.

Zanariah juga menjelaskan beberapa peran Satlinmas saat kegiatan pemilu yaitu membantu menjaga keamanan dan ketertiban di TPS, membantu KPPS mengatur dan mengarahkan pemilih, melakukan patroli di sekitar TPS untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan, memonitor dan melaporkan situasi kondisi di TPS kepada KPPS dan aparat keamanan, serta terakhir membantu mengamankan kotak suara dan dokumen pemilu lainnya.

Di akhir sambutannya, Pj Wali Kota Kediri berpesan kepada Satlinmas Kota Kediri untuk jaga kondusifitas, tingkatkan kewaspadaan dan kesigapan, jaga netralitas, bekerja sama dengan baik dengan KPPS dan Babinsa serta Bhabinkamtibmas, jaga nama baik Satlinmas, serta jaga kesehatan dan stamina. “Saya yakin, dengan dedikasi, disiplin, dan integritas yang dimiliki seluruh anggota Satlinmas, tugas mulia ini dapat dilaksanakan dengan baik. Selamat bertugas, semoga lancar hingga selesai pemilu,” tutupnya.

Setelah apel gelar pasukan selesai, para Satlinmas ini mengikuti simulasi pengamanan Pemilu. Para Satlinmas ini akan diberikan pengarahan oleh KPU Kota Kediri.

Turut hadir dalam apel ini Dandim 0809 Letkol Inf Aris Setiawan, Kepala Kejaksaan Negeri Kediri Andi Mirnawaty, Sekretaris Daerah Kota Kediri Bagus Alit, Kepala Satpol PP Kota Kediri Syamsul Bahri, Ketua Bawaslu Kota Kediri Yudi Agung Nugraha, camat dan lurah se-Kota Kediri, dan Satlinmas Kota Kediri. (red)