Situs Candi Adan-Adan yang terletak di Desa Adan-Adan, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, kembali dilakukan penggalian.

Penggalian kali ke enam ini dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri dengan menggandeng Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Tujuannya, untuk menampakkan temuan terkait benda-benda bersejarah yang ada di Situs Adan-adan.

Kepala Bidang Sejarah dan Purbakala Dinas Kebudayaan dan Periwisata (Disbudpar) Kabupaten Kediri Eko Prianto mengatakan, penggalian kali ini difokuskan untuk melakukan pemanfaatan dan pengembangan. Di mana, dalam penggalian itu dilakukan untuk membuka kembali temuan benda sejarah yang sempat dikubur pada penggalian atau ekskavasi sebelumnya.

Menurut Eko, benda sejarah yang berhasil ditemukan di area Situs Adan-adan tersebut meliputi makara, kepala kala dan arca dwarapala. Dijelaskan oleh Eko, dalam bangunan candi, makara ini berada di sebelah kanan dan kiri pintu atau pipi tangga.

Hiasan makara lebih sering digambarkan bersama kala, sehingga sering disebut kalamakara. Sedangkan dwarapala sendiri merupakan patung penjaga gerbang atau pintu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here