Beranda Agenda Melihat Seni Karawitan Anak SDN, Pukau Pengunjung Kirab Budaya

Melihat Seni Karawitan Anak SDN, Pukau Pengunjung Kirab Budaya

4
0

FOTO : Penampilan kesenian karawitan SD Negeri Banjaran 4 di lokasi start tampil memukau di kirab budaya Pemberantasan Rokok iIegal.(dok)

KEDIRI Terdapat cerita menarik dalam gelaran Kirab Budaya PP Kota Kediri yang berlangsung baru-baru ini. Yakni, penampilan rombongan kesenian Karawitan SD Negeri Banjaran 4 di lokasi start.

Meski masih berusia dini, mereka tampak profesional memainkan gamelan.Pun dengan Sinden ciliknya, yang tak kalah dengan Sinden dewasa. Hal inilah yang membuat para pengunjung terpukau.

“Ini hasil ekstrakurikuler sekolah mas, sering berlatih. Hari ini mereka tampil sangat bagus” ucap salah satu orang tua siswa, Sabtu lalu (11/11).

Mengingatkan sebelumnya, acara terseburt mengajak masyarakat untuk merajut persatuan dan menjaga kerukunan, terlebih menjelang pemilu 2024, Pemuda Pancasila (PP) Kota Kediri menggelar kirab budaya.

Kirab budaya tersebut mengambil start di depan kantor Satpol PP Kota Kediri dan Finish di kawasan wisata Goa Selomangleng. Para peserta long march dari garis start hingga finish dengan berbagai pertunjukan kesenian.

Sepanjang jalan, masyarakat juga tampak antusias menyaksikan rombongan kirab yang lewat.Berbagai unsur kepemudaan mulai dari aktifis, pelajar, penggiat kesenian hingga para pendekar dari berbagai perguruan pencak silat di Kota Kediri ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Selain mengajak menjaga persatuan jelang Pemilu, acara tersebut juga fokus mengampanyekan Pemberantasan Rokok iIegal. Kegiatan ini, mendapat pengawalan ketat dari Kepolisian Resort Kediri Kota.

“Peserta kurang lebih ada sekitar 1000 orang,” ujar M.Akson Nul Huda, Ketua Pemuda Pancasila Kota Kediri, saat dikonfirmasi awak media di lokasi start.(red)