Beranda Agenda Intip 10 Makanan Khas Kediri yang Tak Lekang Oleh Waktu

Intip 10 Makanan Khas Kediri yang Tak Lekang Oleh Waktu

11
0
FOTO : Nasi pecel tumpang, salah satu makanan khas Kediri yang selalu digemari apabila berkunjung ke Kediri.(Foto/cookpad.com)

KEDIRI| Berbicara akan Kediri merupakan kota terbesar ketiga di Provinsi Jawa Timur setelah Malang dan Surabaya. Meski begitu, Kediri diketahui masih menjunjung tinggi kearifan budaya dan melestarikan berbagai momen bersejarah di kotanya.

Sebagai salah satu kota besar di Jawa Timur, Kediri dikenal dengan berbagai kulinernya yang cenderung punya citarasa gurih dan pedas. Walau begitu, Anda juga bisa menemukan makanan dengan citarasa yang cenderung manis. Di kota ini, Anda bisa menemukan beragam makanan khas Kediri yang menggugah selera seperti berikut ini!

Berikut ini beberapa rekomendasi makanan khas Kediri yang dirangkum tim Redaksi KharismaFM.com dari berbagai sumber :

1. Nasi Goreng Arang

Makanan khas Kediri yang pertama yang bisa Anda coba adalah nasi goreng arang. Seperti namanya, nasi goreng ini dimasak menggunakan arang sebagai pengganti kompor gas. Tentu saja, aroma arang ini mampu menyatu dengan rempah-rempah sehingga menghasilkan cita rasa nasi goreng yang jauh lebih lezat.

Untuk mencicipi kuliner yang satu ini, Anda bisa datang ke Warung Nasi & Mie Goreng Mbah Man & Bu Pur yang berlokasi di Jalan Stasiun No.16, Balowerti, Kecamatan Kota, Kediri. Warung Nasi & Mie Goreng Mbah Man & Bu Pur ini bisa didatangi setiap hari, mulai dari jam 5 pagi hingga 11 malam.

2. Soto Kediri

Seperti daerah lainnya di Indonesia, Kediri juga memiliki hidangan khas berupa soto. Adapun, yang membedakan soto Kediri dengan soto lainnya ini penggunaan santan pada kuahnya yang berwarna kuning. Untuk isiannya sendiri, soto Kediri biasanya menggunakan ayam kampung yang dicampur dengan berbagai bumbu rempah seperti kunyit, jahe, serai, merica, bawang putih, dan bawang merah.

Adapun, bahan pelengkap soto Kediri antara lain kecambah pendek, kentang, soun, serta telur. Saat dihidangkan, biasanya soto ini akan ditaburi dengan bawang goreng dan seledri. Salah satu warung soto terkenal yang menyajikan hidangan ini adalah Warung Soto Podjok yang berlokasi di Jalan Dhoho No.146, Setono Gedong, Kecamatan Kota, Kota Kediri. Warung ini buka setiap hari, mulai dari jam 7 pagi hingga pukul 5 sore.

3. Gethuk Pisang

Gethuk memang bukan makanan yang terbilang original. Namun, yang membedakan gethuk di Kediri ini dengan gethuk pada umumnya yang terbuat dari singkong adalah bahan pembuatannya memakai pisang. Konon, pisang merupakan camilan favorit dari Putri Sekartaji, seorang putri dari zaman Kerajaan Kediri.

Adapun, makanan khas Kediri gethuk pisang ini menggunakan jenis pisang raja nangka dalam proses pembuatannya. Pisang jenis raja nangka dipakai dalam pembuatan makanan khas Kediri gethuk pisang ini karena teksturnya terbilang padat.

Dalam membuatnya, pisang harus dikukus lalu ditumbuk hingga halus. Setelah itu, barulah dicampur dengan aneka pelengkap rasa sampai menjadi gethuk. Salah satu tempat yang menjual gethuk pisang terpopuler di Kediri adalah Pisang Madu Sari yang berlokasi di Jalan Ngadisimo Utara I No.27, Ngadirejo, Kecamatan Kota, Kediri. Anda bisa berkunjung ke sini kapan saja karena tempat ini dibuka setiap hari selama 24 jam.

4.Tahu Takwa

Makanan khas Kediri selanjutnya ada Tahu Takwa. Tahu menjadi salah satu makanan khas dari Kediri. Bahkan, saking populernya, Kediri punya julukan sebagai Kota Tahu Takwa. Tahu takwa memang merupakan makanan yang terhitung legendaris di Kediri karena sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Asal nama takwa sendiri berasal dari Bahasa China yang artinya aroma.

Sampai saat ini, tahu takwa masih dibuat berdasarkan resep kuno. Aromanya sendiri berasal dari bunga pekak kering yang dicampurkan pada air rebusan untuk membuat tahu. Bahan pembuatan tahu ini menggunakan kedelai berkualitas yang direbus bersama garam dan kunyit.

Proses pencampuran dengan kunyit ini yang membuat tahu ini punya warna kuning. Tahu ini akan digoreng terlebih dahulu sebelum disantap. Untuk membeli tahu takwa, Anda bisa mengunjungi kedai Tahu Dan Takwa Bah Kacung Cakrawijaya yang berlokasi di Jalan Trunojoyo No.59, Pakelan, Kecamatan Kota, Kediri. Tempat ini dibuka setiap hari, mulai dari jam 6 pagi hingga pukul 10 malam.

5. Sate Emprit

Meski terbilang asing untuk makanan yang satu ini, Kediri memiliki makanan khas berupa sate yang unik bernama sate emprit. Sate yang satu ini diketahui menggunakan burung kecil yang biasanya menjadi hama di sawah petani. Burung-burung ini sering disebut sebagai emprit.

Untuk membuat sate emprit sendiri tidak jauh berbeda pada sate pada umumnya. Daging burung emprit ditusuk pada tusuk sate lalu dibakar menggunakan arang hingga matang. Setelah itu, sate emprit ini disajikan dengan bumbu kacang serta irisan bawang merah.

6. Pecel Tumpang

Tak terberus zaman makanan yang satu ini, apabila Anda singgah di Kediri. Memang, setiap daerah di Jawa Timur identik dengan pecel, tidak terkecuali Kediri. Yang membedakan pecel di Kediri dibandingkan pecel pada umumnya adalah penggunaan sambal tumpeng untuk menggantikan sambal kacang.

Sebagai informasi, sambal tumpeng ini dibuat dari tempe yang bercampur dengan aneka bumbu seperti cabai, daun salam, lengkuas, bawang merah, dan bawang. Setelah itu, sambal ini ditambahkan dengan garam, gula, dan santan.

Adapun, sayuran yang umumnya dipakai pada pecel tumpeng antara lain, kecipir, bunga turi, papaya matang, sawi, kacang panjang, kecambah, dan bayam. Sebagai pelengkap, pecel tumpeng biasanya disajikan dengan berbagai lauk tambahan seperti telur dadar, peyek, maupun sate jeroan ayam. Bahkan, pecel tumpeng juga bisa disantap bersama sepiring nasi hangat.

Salah satu warung terkenal yang menyajikan makanan khas Kediri ini adalah Warung Nasi Pecel Tumpang Bu Ani yang beralamat di Jalan Dhoho No.43, Pakelan, Kecamatan Kota, Kota Kediri. Warung Nasi Pecel Tumpang Bu Ani diketahui buka dari hari Selasa-Minggu, mulai dari jam 6 pagi hingga pukul 12.30 malam..

7. Tahu Pong

Selain tahu takwa, makanan khas Kediri selanjutnya ini adalah tahu pong. Di bagian dalam tahu pong ini kosong dan akan mengembang saat digoreng. Sepintas, makanan khas Kediri ini hampir sama dengan tahu Sumedang.

Namun, tahu pong memiliki tekstur yang jauh lebih padat. Ciri khas tahu pong sendiri gurih dan punya kulit yang garing di bagian luar saat disantap. Tahu pong ideal untuk dijadikan lauk saat bersantap maupun buat camilan.

8. Kerupuk Upil (Opak Goreng Wedi)

Makanan khas Kediri selanjutnya adalah kerupuk upil. Jika biasanya dalam proses pembuatan kerupuk menggunakan minyak, kerupuk upil ini justru digoreng memakai pasir panas. Kerupuk upil sendiri biasanya dijadikan lauk pelengkap saat makan pecel. Kerupuk ini punya tekstur yang renyah dan gurih saat disantap..

9 Stik Tahu

Sebagai daerah penghasil tahu, ada banyak olahan tahu yang menjadi makanan khas Kediri, salah satunya adalah stik tahu. Stik tahu ini punya tesktur yang renyah dan gurih sehingga mirip kerupuk.

Untuk membuatnya, tahu diolah kembali dengan berbagai bumbu menjadi bentuk stik. Kemasan stik tahu ini biasanya cukup bagus sehingga tahan lama untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

10. Carang Mas

Terakhir, makanan khas Kediri ini menggunakan bahan utama ubi jalar dan gula pasir. Karena itu, carang mas ini punya cita rasa manis dan gurih. Untuk membuatnya, ubi jalar harus dipotong kecil-kecil ataupun diserut. Setelah itu, baru ubi ini digoreng dan dicetak dalam bentuk yang menyerupai sarang burung.

Itulah beberapa makanan khas Kediri yang bisa jadi referensi kamu ketika berkunjung ke Kota Kediri. Selain makanan yang gurih dan pedas, seperti soto, pecel, dan Tahu Takwa, Anda uga bisa mencicipi makanan dengan cita rasa manis seperti gethuk pisang.Selamat Menikmati.