Beranda Agenda Festival Pecut Samandiman, Wisata Budaya yang Selalu Dinanti

Festival Pecut Samandiman, Wisata Budaya yang Selalu Dinanti

4
0

FOTO : Spektakuler, Festival Pecut Samandiman seolah menjadi aset wisata budaya yang dinantikan oleh nasyarakat.(dok/jonathan)

 

KEDIRII | Meski sudah berlalu beberapa hari yang lalu, Festival Pecut Samandiman seolah membawa magnet tersendiri bagi para pecinta seni budaya dan masyarakat yang menyaksikan perhelatan itu.

Dimana, ratusan peserta dari berbagai daerah meramaikan kegiatan Festival Pecut Samandiman, yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Kediri.

Berlokasi di Kawasan Wisata Goa Selomangkleng, Festival Pecut Samandiman yang digelar, Sabtu lalu (2/12), dihadirii peserta dari luar pulau Jawa, diantaranya, Papua, Kalimantan Timur, Merangin Jambi, dan Balikpapan.

“Kepesertaan untuk perorangan kurang lebih 120 orang, dan untuk Tari Kreasi Pecut Samandiman yang dilanjutkan keesokan harinya, Minggu (3/12), diikuti sekitar 25 grup yang sudah mendaftar,” jelas Kepala Disbudparpora Kota Kediri, Zachrie Ahmad mellalui Agus Arifin, selaku Kepala Bidang Kebudayaan Disbudparpora Kota Kediri, saat dikobfirmasi , baru-baru ini.

Agus mengatakan, selain peserta dari luar pulau Jawa, peserta lokal juga tidak kalah antusias meramaikan festival ini.

Adapun peserta lokal yang mendaftar berasal dari 20 kabupaten dan kota di pulau Jawa, seperti dari Tulungagung, Malang, hingga Surakarta.

Pada event ini, kata Agus, juga ditampilkan kreasi dari anak usia dini sebagai bentuk regenerasi kesenian Pecut Samandiman, khususnya regenerasi di Kota Kediri.

“Kita juga menyimpan regenerasi kader, yang muda-muda itu kita siapkan untuk melanjutkan Pecut Samandiman kesenian lokal ini,” jelasnya.

Agus melanjutkan, Festival Pecut Samandiman ini dibagi menjadi dua kategori. Pertama, Tari Kreasi Pecut Samandiman yang bernuansa kolaborasi tarian dan baju khas masing-masing daerah para peserta. Kedua, Atraksi Pecut Samandiman.

“Harapanya dengan festival ini, kita bisa memperkenalkan kesenian lokal Kota Kediri, dikenal seantero nusantara. Buktinya, peserta lur daerah Jawa pun menjadi penggemar Pecut Samandiman,” tutupnya.(red)